Artikel SPORT WATCH

Haruskah Anak-anak Memakai Fitness Trackers?

Fitness trackers telah ada selama bertahun-tahun, tetapi baru-baru ini mereka direkayasa untuk anak-anak dengan desain ramah anak dan serangkaian fitur yang lebih sederhana.

Garmin adalah salah satu dari nama teknologi besar pertama yang merilis Vivofit Jr untuk anak-anak pada tahun 2016. Sejak itu, mengeluarkan Vivofit Jr. 2 dan Fitbit telah mengikuti dengan Fitbit Ace pada tahun 2018 dan Fitbit Ace 2 pada bulan Mei 2019.

Fitur yang dapat dikenakan ini berbeda dari tiap fitness tracker. Beberapa berfokus hanya pada aktivitas, yang lain seperti jam tangan pintar mini, dengan banyak fitur yang ditawarkan dan kategori anak-anak lain yang sepenuhnya berfokus hanya pada lokasi.

Tetapi mengapa anak Anda membutuhkan fitness trackers?

Ketidakaktifan fisik adalah masalah kesehatan masyarakat yang meningkat di antara anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), aktivitas fisik yang tidak memadai adalah salah satu faktor risiko utama kematian di seluruh dunia. Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 81% remaja berusia antara 11 dan 17 tahun tidak cukup aktif secara fisik.

Lebih jauh, WHO melaporkan bahwa jumlah bayi dan anak-anak yang kelebihan berat badan dan obesitas (usia 0 hingga 5 tahun) meningkat dari 32 juta secara global pada 1990 menjadi 41 juta pada 2016.

Jelas ada masalah dengan tidak aktif dan obesitas, tetapi bisakah fitness trackers mengatasi itu?

Sulit dikatakan. Belum ada penelitian besar yang cukup tentang kemanjuran fitness trackers di antara anak-anak, tetapi penelitian awal telah menunjukkan mereka bisa memiliki efek positif.

Masuk akal bahwa pelacak untuk anak-anak telah muncul, mengemas faktor motivasi yang sama seperti yang kami gunakan dalam pelacak untuk orang dewasa menjadi faktor bentuk yang lebih kecil, seperti melihat jumlah langkah, memenangkan lencana dan bersaing dengan teman dan anggota keluarga untuk mencapai tujuan mereka.

Tetapi ada juga masalah dengan memberikan pelacak aktivitas kepada anak-anak, termasuk tautan antara pelacakan harian dan fokus yang tidak sehat pada olahraga dan berat badan, serta potensi pelacakan terfokus semacam itu untuk menyedot kesenangan dari kenikmatan aktivitas fisik anak Anda demi kebaikan.

Kami bertanya kepada para ahli apakah pelacak aktivitas untuk anak-anak adalah ide yang bagus dan apa yang perlu diketahui orang tua sebelum mereka membelinya.

BAGIKAN :